Tahun 2019 telah berlalu. Mengawali Tahun 2020 kami mencoba mereview kembali setahun terakhir perjalanan Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia di dunia pengadaan Indonesia melalui Kaleidoskop P3I 2019. Berikut adalah rangkumannya.

P3I Selenggarakan Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 beserta Peraturan LKPP dan Menteri terkait dan Bimbingan Teknis tematik tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Dalam upaya menjalankan salah satu misinya untuk mengembangkan pengetahuan dan keahlian berakar budaya produktif Indonesia dan mendorong Sumber Daya Manusia pengadaan beretika dan profesional, selama tahun 2019, Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia (P3I) masih melaksanakan sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018. Berbeda dari tahun sebelumnya, di tahun 2019 kali ini kami menambahkan materi Peraturan LKPP dan Peraturan Menteri terkait Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dalam kegiatan sosialisasi.

Selain itu kami juga melaksanakan bimbingan teknis secara tematik, baik bersifat regular maupun inhouse atas permintaan stakeholder pemerintah maupun swasta, antara lain:

  1. Strategi Penyusunan Dokumen Pemilihan dan Evaluasi Kualifikasi dan
    Penawaran Pengadaan
  2. Strategi Penyusunan Dokumen Pengadaan Barang/Jasa dan pemilihan
    Penyedia Dengan SPSE versi 4.3
  3. Membangun Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) sebagai Pusat
    Unggulan (Center of Excellence)
  4. Mitigasi Risiko Permasalahan Hukum Dalam Pengadaan Barang/Jasa
    Pemerintah
  5. Strategi Merumuskan Harga Perkiraan Sendiri (HPS), Kerangka Acuan Kerja (KAK), Rancangan Kontrak dan Dokumen Pengadaan barang/Jasa Pemerintah.
  6. Tata Cara Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
  7. Penyusunan Dokumen Perencanaan PBJ dan Penginputan RUP Melalui
    Aplikasi SIRUP V2.3.
  8. Bimbingan Teknis Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah untuk Pejabat
    Pembuat Komitmen dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

P3I Melakukan Pendampingan Penyusunan Peraturan Pengadaan Barang/Jasa pada Badan Layanan Umum (BLU) dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), serta Perusahaan Daerah.

Guna membantu stakeholder pengadaan baik yang berada pada lingkungan pemerintah/pemerintah daerah, termasuk lembaga/organisasi di luar pemerintahan agar tercipta Sistem Pengadaan Nasional yang kredibel, P3I telah melakukan pendampingan kepada para stakeholder dalam penyusunan peraturan tentang pengadaan barang/jasa pada organisasinya.

Penyusunan dalam bentuk Peraturan Pimpinan BLU/BLUD atau Peraturan Direksi dilakukan secara swakelola oleh masing-masing organisasi dan P3I dalam bentuk tim atau personil untuk mendampingi proses penyusunan peraturan melalui beberapa tahapan yang disepakati, termasuk melakukan pendampingan dalam sosialisasi Peraturan Pimpinan BLU/Direksi secara internal maupun eksternal.

Pendampingan P3I dalam penyusunan peraturan tentang pengadaan barang/jasa antara lain:

  1. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)
  2. Universitas Sriwijaya
  3. Universitas Terbuka
  4. Universitas Negeri Surabaya
  5. Rumah Sakit Umum Daerah Tulung Agung
  6. PDAM Kudus
  7. PDAM Pati
  8. PDAM Tegal
  9. PDAM Rembang
  10. PDAM Boyolali

P3I Melakukan Pendampingan Kepada Penyedia e-Katalog LKPP Melaksanakan sosialisasi peraturan dan implementasi berbagai tema tentang e-katalog dan e-purchasing.

Penyebarluasan informasi mengenai e-katalog dan e-purchasing dalam pengadaan barang/jasa pemerintah yang dilaksanakan mengacu pada paraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan mengusung motto “Your Trusted Partner in Procurement and Supply Chain Management” yang selalu terinformasikan dalam web P3I dan dalam setiap kegiatan telah menumbuhkan kepercayaan penyedia e-katalog LKPP untuk menggandeng P3I dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi yang bertema e-katalog dan e-purchasing antara lain:

  1. Axique.com, dengan mengusung tema” sinergi ekosistem pengadaan 4.0 yang diselenggarakan di Gumaya Tower Hotel Semarang, Jawa Tengah
  2. Premiere, dengan mengusung beberapa tema yang diselenggarakan di beberapa wilayah kabupaten/kota, di Jawa, Sumatera, Bali,
  3. Mitsindo yang mengusung tema “ Solusi total e-katalog @saatnya eling” yang di beberapa kota besar: Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali dan Makassar.

P3I juga melakukan Pendampingan dalam Permasalahan Pengadaan Barang dan Jasa

  1. Penanganan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaaan Genset di Rumah Sakit Umum Daerah Banten Tahun Anggaran 2015
  2. Penanganan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pekerjaan Peningkatan Jalan Nanti Agung Dusun Baru Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2013
  3. Penanganan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Sarana Penunjang Edukasi Dirgantara Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2015
  4. Penanganan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pekerjaan Pembangunan Drainase Jalan Kota Pekanbaru Provinsi Riau
  5. Penanganan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Sarana Laboratorium Bahasa DAK Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2010
  6. Penanganan Perkara Dugaan Tindak Pidana Siber pada Tender Pembangunan Jalan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat

P3I Berpartisipasi Meramaikan Indonesia Procurement Forum Expo (IPFE) dan International Conference I – IMPEC.

Indonesia Procurement Forum Expo (IPFE) merupakan ajang interaksi pengelola pengadaan dengan penyedia yang dilaksanakan setiap tahun, di tahun 2019 pelaksanaannya dilaksanakan di Jogya Expo Center (JEC), Yogyakarta sejak tanggal 19 Maret 2019 sampai dengan 21 Maret 2019. Sementara Indonesia–International Mega Procurement Exhibition and Conference (I-IMPEC) dilaksanakan pada tanggal 8 November 2019 di Jakarta Convention Center, yang didahului dengan acara pameran barang/jasa mengiringi kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/jasa Pemerintah LKPP pada tanggal 6-7 November 2019 yang dihadiri Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo.

Pada kedua ajang pameran baik IPFE 2019 maupun I-IPMEC 2019 P3I hadir dan membuka stand sebagai ajang pertemuan para pelaku/pengelola pengadaan dan berdiskusi atau mendapat solusi atas permasalahan yang dihadapi dengan para personil P3I sesuai dengan bidang/kompetensinya.

Personil P3I juga hadir sebagai pembicara tematik sesi seminar IPFE 2019 antara lain:

  1. Turn Key Contract: Best Practice oleh Galuh Tantri Narindra
  2. PBJ pada BLU dan BLUD oleh Rita Berlis
  3. Dokumen PBJ dan Substansi Evaluasinya oleh Samsul Ramli
  4. Rancangan Kontrak dan Mitigasi Risikonya oleh Khalid Mustafa
  5. Implementasi PBJ pada BLUD Rumah Sakit oleh Atas Yudha Kandita
  6. Audit PBJ: Probity dan Tantangannya oleh Rita Berlis
  7. Commodity Catalogue oleh Djamaludin Abubakar
  8. Inovasi Kontrak oleh Rita Berlis (menggantikan Setya Budi Arianta)

Di tahun 2020, P3I akan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder agar implementasi pengadaan barang/jasa menuju pada pengadaan kredibel yang di citakan pemerintah melalui kebijakan dan sistem yang dikembangkan, dengan mengedepankan bimbingan teknis temasik sesuai kebutuhan stakeholder, penggiatan kajian lebih bermanfaat, penyelenggaraan pelatihan PBJ dasar, dan kompetensi, dan konsisten berpartisipasi dalam kegiatan seminar nasional dan internasional.

Puji syukur kepada Allah yang maha pemberi berkah dan inayah, serta tak terhingganya rasa terima kasih dan penghargaan atas kepercayaan stakeholders dan alumni P3I dalam berkarya membangun negeri di bidang pengadaan barang/jasa.

Sebagai penutup kaleidoskop ini, tentunya tetap dalam niatan ibadah, P3I akan selalu hadir melalui kolaborasi dalam kisah dan mata rantai aktivitas yang terintegrasi, wujudkan ihktiar terbaik di setiap pengharapan hadirnya pengeadaan yang lebih baik dan berkualitas.

Salam Pengadaan!

Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia

Your trusted Partner In Procurement and Suply Chain Management

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.