fbpx
  • 0812-8694-8877 | 0811-192-577
  • admin@p3i.or.id
  • Jakarta, Indonesia

Bimbingan Teknis

Pendalaman Tugas, Kewenangan Persyaratan dan Kompetensi Pelaku Pengadaan Beserta Personel Pendukung dalam PBJP

(Disertai Pembahasan Dokumen Kerja dan Mitigasi Risiko Kewenangan)

  • 00Days
  • 00Hours
  • 00Minutes
  • 00Seconds

PELAKSANAAN

22-23 FEBRUARI 2024

TEMPAT

HOTEL YUAN GARDEN - JAKARTA

NARASUMBER

Tim P3I (Fasilitator TOT LKPP)

PENGANTAR

Persiapan Pengadaan adalah fase untuk mempersiapkan pengadaan dengan dukungan akselerasi pengadaan. Tahapan ini dimulai sejak dilakukan pengumuman Rencana Umum Pengadaan (RUP), dimana pada tahapan ini PPK menetapkan spesifikasi teknis, HPS dan rancangan kontrak. Strategi yang diperlukan dalam melakukan persiapan pengadaan adalah Penetapan Personil, Finalisasi Perencanaan, Finalisasi Persiapan, Percepatan Pemilihan dan Persiapan Pengelolaan Kontrak. Dimana masing-masing pelaksanaan tahapan strategi harus dipahami dan mampu dilakukan oleh Para Pihak dalam Persiapan Pengadaan,khususnya PPK. Pada tahapan ini terdapat kerumitan di sana-sini yang tidak seindah regulasi pengadaan. Berbagai alasan muncul seperti menunggu DIPA/DPA dengan tanda tangan asli yang baru muncul di bulan Februari tahun berjalan, setelah menerima DIPA/DPA baru menetapkan PPK dan berbagai macam masalah muncul menyertai.

 

Tidak kalah menarik untuk dibahas adalah skema pengadaan berbasis lokapasar (e- marketplace) yang diyakini dapat mempermudah dan mempercepat pelaksanaan pengadaan baik dari sisi penyedia maupun pemerintah. Salah satu yang cukup gencar dilaksanakan adalah penggunaan katalog elektronik di lingkungan Pemerintah. Terlebih melalui penerapan katalog ini dapat mendukung percepatan peningkatan penggunaan Produksi Dalam Negeri sebagaimana yang diamanatkan di dalam Tujuan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

 

Hal-hal tersebut menjadi critical point dalam Pengadaan, dimana diperlukan strategi yang tepat dalam menyikapi pengadaan di akhir tahun PA/KPA, PPK, Pokja Pemilihan, Pejabat Pengadaan, PPTK dan pengelola keuangan di K/L/PD. Padahal dapat dihitung cepat betapa cukup banyaknya jumlah PA/KPA, PPK, Pokja Pemilihan, Pejabat Pengadaan, PPTK dan pengelola keuangan di K/L/PD yang masih belum optimal memahami tugas atas kewenangannya tersebut terutama pada pengadaan akhir tahun, terlebih ketika harus membangun strategi kerjanya. Sehingga tak heran menjadi kendala ketika berhadapan dengan kondisi implementasi di lapangan.

 

Diperlukan pemahaman yang serius untuk dapat menguasai setiap tugas dan tanggungjawab serta strategi yang tepat. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang baik, agar setiap jenis lingkup ranah kewenangan dapat secara stratejik dilaksanakan dengan tepat sesuai kaidah aturannya.

RUNDOWN

Kamis, 1 Februari 2024

07.00 – 08.00 : Persiapan
08.00 – 08.30 : Pembukaan dan Sambutan
08.30 – 10.15 : Aspek Regulasi Pelaku Pengadaan dan SDM Pengadaan
10.15 – 10.30 : Istirahat/Coffee Break
10.30 – 12.00 : Tugas dan Kewenangan PA/KPA
12.00 – 13.00 : Ishoma
13.00 – 15.15 : Tugas, Kewenangan, Persyaratan, dan Kompetensi PPK
15.15 – 15.30 : Istirahat/Coffee Break
15.30 – 17.00 : Tugas, Kewenangan, Persyaratan, dan Kompetensi Pokja Pemilihan/Pejabat Pengadaan

Narasumber : Tim P3I (Fasilitator TOT LKPP)

Jumat, 2 Februari 2024

08.30 – 10.00 : Tugas, Kewenangan, Persyaratan, dan Kompetensi Penyelenggara Swakelola
10.00 – 10.15 : Istirahat/Coffee Break
10.15 – 11.30 : Tugas, Kewenangan, Persyaratan, dan Kompetensi PPTK
11.30 – 13.30 : Sholat Jumat & Istirahat
13.30 – 14.15 : Tugas, Kewenangan, Persyaratan, dan Kompetensi Tim Teknis/Tim Pendukung
14.15 – 15.00 : Dokumen Kerja Pelaku Pengadaan beserta Personel Pendukung
15.00 – 15.15 : Istirahat/Coffee Break
15.15 – 16.45 : Mitigasi Risiko Kewenangan Dalam Pengadaan
16.45 – 17.00 : Penutupan

Narasumber : Tim P3I (Fasilitator TOT LKPP)

BIAYA KONTRIBUSI

TANPA PENGINAPAN

3,75 jt

500/496

  • (tiga juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)
  • ♦ 2 Hari Kegiatan
  • ♦ 2x Makan Siang
  • ♦ 4x Coffee Break
  • ♦ Modul
  • ♦ Flashdisk
  • ♦ Sertifikat

DENGAN PENGINAPAN (TWIN SHARE)

4,75 jt

500/496

  • (empat juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)
  • ♦ 2 Hari Kegiatan
  • ♦ 2x Makan Siang
  • ♦ 4x Coffee Break
  • ♦ Modul
  • ♦ Flashdisk
  • ♦ Sertifikat
  • ♦ Penginapan selama 4 hari 3 malam (twin share room / 1 kamar untuk 2 orang peserta

DENGAN PENGINAPAN (SINGLE)

5,75 jt

500/496

  • (lima juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)
  • ♦ 2 Hari Kegiatan
  • ♦ 2x Makan Siang
  • ♦ 4x Coffee Break
  • ♦ Modul
  • ♦ Flashdisk
  • ♦ Sertifikat
  • ♦ Penginapan selama 4 hari 3 malam (single room / 1 kamar untuk 1 orang peserta)

AGENDA LAINNYA

  • Location

    Ruko Duta Bintaro Blok AB 3 No.6 Jl. KH. Mas Mansur, Kel. Pakujaya, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten, 15324

  • Line Phone

    021-43908155

  • Mobile Phone

    0812-8694-8877 | 08212-3113-969

  • Email

    layanan@p3i.or.id

1123 Dog Hill Lane

Wilson, KS 67490

+34 785 658 5316

24/7 Customer Support

Mon - Fri: 9:00 - 17:30

Online store always open