BIMBINGAN TEKNIS
PENINGKATAN KOMPETENSI
PELAKU USAHA/PENYEDIA

Dalam Proses Pemilihan Penyedia Barang/Jasa Pemerintah

SENIN - SELASA
17 - 18 Juli 2023

HOTEL YUAN GARDEN
PASAR BARU - JAKARTA

PENGANTAR

TARGET KEGIATAN

Bimtek ini diharapkan menjadi salah satu referensi para Pelaku usaha / Penyedia untuk meningkatkan kompetensi dalam proses Pemilihan Penyedia Barang/Jasa Pemerintah sehubungan dengan perubahan regulasi, serta dapat menjadi kelimuan bagi UKPBJ dan Personel di dalamnya dalam melakukan pembinaan bagi pelaku usaha/penyedia. Sehingga dapat secara tepat melakukan kolaborasi efektif dalam pelaksanaan pemilihan penyedia, khususnya bahasan:

1. Perubahan persyaratan penyedia berdasarkan perubahan peraturan pengadaan;
2. Pemahaman ketentuan dalam dokumen pemilihan;
3. Tata cara evaluasi penawaran;
4. Tata cara sanggah dan sanggah banding serta pengelolaannya; dan
5. Penerapan TKDN dalam menyusun dokumen penawaran.

Sehingga diharapkan dalam lebih optimal dalam pemahaman tentang aspek hukum, pemahaman peran dan kewenangan, pengelolaan risiko, implementasi peraturan dan peningkatan kemampuan teknis pelaksanaan pemilihan penyedia.

Dinamisnya regulasi dalam penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, telah menghadirkan perkembangan ketentuan dan tata cara bagi beberapa pihak dalam tata kelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, terlebih Sejak terbitnya peraturan presiden nomor 12 tahun 2021 Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan beberapa ketentuan yang berkaitan dengan proses pemilihan penyedia, khususnya pekerjaan konstruksi, dihadapkan dengan perubahan yang signifikan, sehingga perlu pemahaman para penyedia jasa mengenal lebih dalam perubahan ketentuan tersebut untuk dapat memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan dalam dokumen pemilihan. 

Salah satu perubahan terbesar adalah menyederhanakan segala bentuk persyaratan teknis dan kualfikasi serta tata cara evaluasi yang dilaksanakan Pokja Pemilihan yang sudah diatur dalam Peraturan LKPP Nomor 12 Tahun 2021 terkait pedoman pemilihan penyedia. Termasuk pula dalam hal ini kewajiban penerapan PDN dan TKDN yang juga berperan besar terlaksananya kegiatan
pengadaan, menuntut pelaku usaha/penyedia dalam memahami dan sekaligus mengetahui terhadap dampak dampak yang terjadi saat proses pemilihan dan pelaksanaan kontrak.

Materi dan diskusi ini turut pula menjadi kompetensi keilmuan yang diperlukan bagi UKPBJ dan personel di dalamnya, sehubungan dengan peran dalam melakukan pembinaan bagi pelaku usaha dan SDM Pengadaan lainnya. Sehingga dapat secara tepat melakukan kolaborasi efektif dalam pelaksanaan pemilihan penyedia Diperlukan pemahaman yang serius untuk dapat menguasai setiap tugas dan tanggungjawab tersebut. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang baik, agar setiap jenis lingkup ranah kewenangan dapat secara stratejik dilaksanakan dengan tepat sesuai kaidah aturannya. 

MATERI

  1. Perubahan persyaratan penyedia berdasarkan perubahan peraturan pengadaan;
  2. Pemahaman ketentuan dalam dokumen pemilihan;
  3. Tata cara evaluasi penawaran;
  4. Tata cara sanggah dan sanggah banding serta pengelolaannya; dan
  5. Penerapan TKDN dalam menyusun dokumen penawaran.

BIAYA

Berikut ini adalah biaya kontribusi peserta berikut fasilitas dan pilihan akomodasinya

Rp. 3.750.000,-​

( tiga juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah )

( tiga juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah )

♦ 2 Hari Kegiatan

♦ 2x Makan Siang

♦ 4x Coffee Break

♦ Modul

 ♦ Flashdisk

♦ Sertifikat

Rp. 4.750.000,-​

( empat juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah )​

( empat juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah )

♦ 2 Hari Kegiatan

♦ 2x Makan Siang

♦ 4x Coffee Break

♦ Modul

 ♦ Flashdisk

♦ Sertifikat

♦ Penginapan selama 4 hari 3 malam 

(twin share room / 1 kamar untuk 2 orang peserta

 

Rp. 5.750.000,-​

( lima juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah )​

( lima juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah )

♦ 2 Hari Kegiatan

♦ 2x Makan Siang

♦ 4x Coffee Break

♦ Modul

 ♦ Flashdisk

♦ Sertifikat

 ♦ Penginapan selama 4 hari 3 malam 

(single room / 1 kamar untuk 1 orang peserta

Contact

Untuk Informasi dan Pendaftaran Dapat Menghubungi
Layanan Informasi P3I

0812-8694-8877 | layanan.p3i@gmail.com