Fleksibiltas inovasi pengadaan barang/jasa dibahas dengan hangat pada acara bertajuk Hospital Solution Day, digagas oleh RSUD Bali Mandara-Denpasar bekerjasama dengan PT. Baliyoni mitra lokal ayooklik.com. Direktur RSUD Bali Mandara, Bagus Darmayasa secara khusus menyampaikan rasa bangga dan terimakasih atas kesediaan Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia (P3I) mendukung kerjasama ini. “Kami berharap kedepan evan-even seperti ini akan terus dipertahankan. Tidak hanya untuk kepentingan RSUD Bali Mandara tetapi juga untuk penyamaan persepsi RSUD diseluruh Provinsi Bali”, ujar Bagus Darmayasa.

Hospital Solution Day diformat dalam bentuk Talk Show membahas Inovasi Pengadaan Barang/Jasa dilingkungan RSUD di Seluruh Provinsi Bali. Meski cuaca cukup dingin karena Denpasar diguyur hujan, diskusi tetap berjalan dengan hangat. dihadiri oleh lebih dari 100 peserta utusan seluruh RSUD se-Provinsi Bali sangat jelas membutuhkan solusi terkait fleksibilitas sistem pengadaan di lingkungan RSUD.

RSUD yang berbentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) semestinya mengedepankan praktik bisnis terbaik termasuk dalam pengadaan barang/jasa. Kenyataannya justru masih sangat terpaku pada tata cara pengadaan berbasis Perpres 54/2010 dan seluruh perubahannya. “Padahal sangat jelas dalam berbagai peraturan pendukung bahwa BLUD dapat menyusun kebijakan inovasi pengelolaan keuangan dengan berpedoman pada praktik bisnis terbaik bagi organisasi”, terang Samsul Ramli.

Dua Session tanya jawab yang disediakan oleh panitia pelaksana dirasa kurang oleh sebagian besar peserta. Tidak kurang dari 15 pertanyaan yang disampaikan dijawab dengan sangat lugas oleh Rita Berlis, Dewan Pendiri P3I yang mantan auditor BPKP-RI, Pejabat Esselon II LKPP-RI dan juga Direktur Keuangan RS PMI, Jakarta. Dari sisi perencanaan pengadaan barang/jasa dan kontrak dijelaskan oleh Samsul Ramli.

Acara ditutup langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, MPPM. Secara khusus menyatakan terimakasih kepada ayooklik.com, Hawlett Packard dan RSUD Bali Mandara yang menginisiasi acara ini. “Tadi saya mengikuti diskusi dan sangat tertarik dengan pemaparan tim dari P3I. Banyak solusi yang implementatif yang saya dapatkan. P3I saya pikir partner yang luar biasa”, ucap Ketut Suarjaya antusias.

Bagikan:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published.